01 April, 2011

Kotbah: Jangan Gampang Curiga (26-02-2011)

Mat5:17-20

ay.17, kenapa Yesus berkata seperti itu?
Karena banyak tindakan Yesus yang dianggap ahli Taurat meniadakan hukum Taurat.. Sedangkan ahli Taurat sendiri meniadakan perintah Allah untuk adat istiadat (Mrk7:1-13)..
*Sabbath: diadakan olah Allah untuk pengucapan syukur, pada hari ke-7 Allah istirahat dari penciptaanNya, sehingga manusia diberikan waktu untuk beristirahat dan mengingat akan kebaikan Allah yang telah dilakukanNya dalam kehidupan kita sehari-hari.. Jadi tujuan sabbath itu dalam kehidupan manusia yang sesungguhnya adalah untuk mengenang kasih Tuhan dan meneruskan perbuatan kasih itu kepada sesama kita.. (Dengan kata lain, tindakan Yesus menyembuhkan orang sakit, dll pada hari sabbath itu tidak melanggar hukum Taurat, namun ahli-ahli taurat-lah yang salah mengartikan maksud sabbath itu diadakan, sedangkan Tuhan Yesus menggenapinya)..
Penggambaran kelakuan ahli Taurat : Yeh34:2b-4

3 hal yang membuat kita gampang curiga, ragu dan menjadi pahit dengan Tuhan:

1. penderitaan (Mat11:2-6)
Yohanes adalah orang pertama yang mendapat penglihatan dari Bapa akan Yesus ketika Yesus di babtis di sungai Yordan, namun ia mengalami penderitaan, dianiaya sampai dipenjara(ay2) sehingga menjadi ragu dan bertanya akan ke-Tuhan-an Yesus(ay3)..

2. waktu
kita sering tidak sabar ketika Tuhan sudah menjanjikan sesuatu dan menjadi curiga dan ragu akan Tuhan..

3. kurang hikmat
dengan pikiran kita sendiri seringkali kita menganggap hal-hal yang Tuhan lakukan dalam kehidupan kita itu ga sejalan dengan keinginan kita, sehingga kita menjadi curiga dan pahit dengan Tuhan..
Pikiran kita untuk merspon setiap kejadian dalam hidup saat ini begitu penting karena saat ini adalah saat percepatan, mersepon segala sesuatu secara tepat akan membawa pengaruh yang luar biasa di masa depan..

No comments:

Post a Comment