30 May, 2011

Kotbah: Strategi Menghadapi Pencobaan (28-5-2011)

1Kor10:13
pencobaan => jamak => ada berbagai macam dan di waktu yang tidak menentu, terkadang bisa bersamaan dan kadang terpisah.. Setiap orang dicobai sesuai takaran dan ukuran dari Tuhan (sesuai dengan kemampuan masing-masing orang)

Mzm141
Kesulitan dari setiap orang yang sedang menghadapi pencobaan adalah menentukan sikap hati.. Karena kita tidak akan pernah tahu cobaan seperti apa yang akan kita hadapi
Strategi dalam menghadapi pencobaan:
1. Menentukan sikap hati
ay3. firmanTuhan di bibir dan perkataan kita selalu, sebagai senjata dari Allah (ayub2:10, ayub telah memiliki sikap hati untuk tetap berpegang pada Allah walau pencobaan mendera hidupnya)
ay4. menjauhi kejahatan di dalam kehidupan dan diri kita..
ay5. Relakan hati untuk ditegur jika berbuat salah untuk memperbaiki diri..

2. Tujukan mata pada Tuhan
ay8. pencobaan boleh datang dan hati mungkin saja takut, namun tetap pandang Tuhan dan jangan berfokus pada masalahnya.. Karena Tuhan yang kita punya lebih besar dari masalah tersebut..

3. Terus memohon..
hab1:2, walaupun saat Habakuk berdoa meminta pemulihan justru yang terlihat pada kenyataan merupakan serangan dari bangsa Kasdim, Habakuk tetap berdiri dan berdoa, mengadu kepada Tuhan..
ay1-2, berseru dan berdoa terus walau kenyataan mungkin berbeda dari apa yang diharapkan..

Kesimpulan:
Apapun pencobaan yang dihadapi, tetaplah percaya dan bergantung kepada Tuhan, sebba Allah Tuhan kita adalah setia, Ia tidak akan mencobai melampaui kemampuan umatNya.. Dan ketika kita tidak setia dan tidak sanggup lagi, Ia akan tetap setia dan tangannya akan menopang kita hingga kita tidak akan jatuh tergeletak..

No comments:

Post a Comment